5 Aplikasi Pesan Alternatif Yang Dapat Anda Gunakan Selain WhatsApp

Belum lama ini, aplikasi perpesanan WhatsApp mogok pada Senin (10 April 2021). Akibatnya, aplikasi milik grup Facebook yang sama menghadapi kekacauan global.

Kehebohan di sekitar WhatsApp segera meningkat. Tentu saja, jumlah pengguna WhatsApp sangat penting.

Meskipun ini adalah jumlah pengguna Facebook dan Instagram, mereka adalah pengguna dari ketiga layanan yang dimiliki oleh Facebook. Tersedia untuk 6,23 miliar pengguna menurut data statistik September 2021.

Jadi jika Anda ingin mengharapkan kesalahan WhatsApp terjadi lagi, Anda memerlukan setidaknya satu aplikasi perpesanan alternatif lain untuk menghindari pemblokiran koneksi Anda.

Berikut beberapa aplikasi perpesanan selain WhatsApp yang bisa Anda gunakan.

1. Telegram

Gambar aplikasi Social Media Today untuk aplikasi Telegram

Aplikasi perpesanan terbaik adalah Telegram. Aplikasi ini selalu disebut-sebut sebagai alternatif aplikasi perpesanan selain WhatsApp.

Sejak diluncurkan pada 2013, jumlah pengguna aplikasi yang dihadirkan oleh pengusaha Rusia Pavel Durov terus bertambah. Saat ini, dikatakan telah mencapai 500 juta pengguna aktif Telegram.

Telegram sarat dengan stiker dan fitur yang mirip dengan WhatsApp seperti mengirim pesan, membuat obrolan grup, melakukan panggilan, dan mengirim file dan foto.

Namun, salah satu keunggulan Telegram adalah privasi pengguna, yang memastikan bahwa data pengguna dienkripsi sebagian untuk mencegah peretasan oleh peretas individu dan pemerintah.

2. Font

Jalur aplikasi NHN (Foto)

Seperti halnya WhatsApp, Line juga populer dan banyak digunakan di Indonesia. Aplikasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2011 di Tokyo, Jepang.

Fitur-fiturnya termasuk mengirim pesan teks, foto, video, dan suara. Anda juga dapat menggunakan saluran untuk melakukan panggilan.

Line juga telah banyak meningkatkan fungsinya dengan kemajuan teknologi. Misalnya, hapus pesan terkirim, fitur messaging seperti WhatsApp, bahkan video call hingga 500 orang.

Salah satu daya tarik LINE adalah penggunaan berbagai stiker. Fitur ini berlaku untuk WhatsApp.

3.WeChat

Adalah gambar dari aplikasi WeChat.

Langkah selanjutnya adalah WeChat. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi China Tencent.

Jadi tidak mengherankan jika WeChat adalah aplikasi perpesanan paling populer di China. Bahkan, menurut (8 Juli 2020), pengguna WeChat bulanan bisa mencapai 1 miliar.

Awalnya, WeChat dibuat sebagai layanan perpesanan, namun dalam perkembangannya, aplikasi ini menjelma menjadi aplikasi dengan banyak fitur dan fungsi.

Misalnya, setiap pengguna WeChat memiliki kode unik (barcode) yang disebut kode QR. Seseorang dapat memindai kode QR pengguna lain dan menambahkannya ke WeChat.

WeChat juga memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas, seperti melakukan pembayaran, memesan penerbangan, dan menelepon mobil secara online.

Selain itu, WeChat memungkinkan pengguna untuk menambahkan orang dan mencari orang terdekat menggunakan nomor telepon atau ID mereka.

4. Laporkan

Shutterstock / Ilustrasi oleh Leonidas Santana untuk Whatsapp dan Signal

Yang keempat adalah sinyal. Aplikasi ini menjadi terkenal belum lama ini oleh tweet dari Tesla dan CEO SpaceX Elon Musk.

Saat itu, salah satu orang terkaya di dunia menasihati orang untuk mulai menggunakan Signal. Signal adalah aplikasi perpesanan yang sangat mirip dengan WhatsApp.

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh di platform Android dan iOS dan juga tersedia sebagai versi desktop. Seperti WhatsApp, Signal dapat dienkripsi dan digunakan secara gratis. Antarmuka aplikasi ini hampir mirip dengan WhatsApp termasuk fitur-fiturnya.

Menurut laporan Antara (1 November 2021), Signal didirikan bersama oleh mantan karyawan WhatsApp Brian Acton dan guru kripto Moxie Marlinspike. Bersama dengan Moxie Marlinspike, CEO Signal saat ini, Acton mendirikan Signal Messenger LLC pada Januari 2018.

Sejak itu, Signal, bagian dari Signal Foundation, telah mengumpulkan dana untuk pengembangan aplikasi.

5. Halo Aplikasi

Hello App Indonesia Hello App Indonesia adalah aplikasi komunikasi berbagi pesan buatan tangan dengan banyak fitur.

Akhirnya, ada yang tinggi. Aplikasi ini diperkenalkan oleh PT Hello Kreasi Indonesia, sebuah perusahaan teknologi Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2020. Aplikasi Hi dirancang untuk menyertakan banyak fitur seperti pesan teks, panggilan suara dan video.

Laporan Kontan November 2020 mencakup beberapa fitur yang tersedia di aplikasi Hi, penerjemah pesan, host obrolan, berbagi dokumen, mode gelap dan terang.

Penerjemah adalah salah satu fitur yang membedakan Hi dari aplikasi serupa lainnya. Fitur lain dari Hi App adalah Chat Organizer. Fitur ini memisahkan ruang obrolan pribadi dan grup untuk menghindari kebingungan seperti aplikasi serupa yang sudah ada.

CEO PT. Halo Kreasi Indonesia (Hi App), Michele Kusuma mengatakan Hi app menargetkan 2000-4000 unduhan per hari tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

6 Aplikasi Dompet Digital Yang Tidak Memerlukan Uang Tunai Atau Kartu

Related Posts